Cara Membuat Skripsi Jurusan Sistem Informasi

Nah, pasti anda sudah tahukan apa itu SKRIPSI ?? ya, Skripsi itu adalah suatau rangkaian kesimpulan proses belajar yang telah dilakukan selama proses perkuliahan. Banyak sekali mahasiswa yang stress ketika akan menghadapi SKRIPSI, mengapa mereka stres ? ya karena mereka kurang menguasai kerangka maupun konsep mengenaiSKRIPSI itu sendiri, padahal kalau kita telah memahaminya ya sangat mudah kita membuatnya. Nah disini kami tidak mengulas mengenai kerangka pembuatan skripsi, kami hanya memberikan trick singkat saja.

Skripsi itu banyak jenisnya berdasarkan fakultas dan program studi yang kita ambil, sebagai contoh yang akan kami ulas disini adalah Skripsi untuk Sistem Informasi. Sistem Informasi adalah suatu program studi dari Ilmu Komputer yang membahas tuntas mengenai pembuatan sistem komputer, nah tentunya kalau ingin membuat skripsi khusus untuk ilmu komputer telebih untuk program sistem informasi, maka mahasiswa wajib hukumnya membuat program aplikasi dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu.

1. Anda wajib menentukan judul skripsi yang anda pahami

Nah ini adalah faktor yang paling sangat mempengaruhi ketika anda membuat skripsi. Anda harus tahu terlebih dahulu, kira-kira anda menguasi bahasa pemrograman apa untuk membuat skripsi tersebut. sebagai contoh anda menguasai web programming, maka alangkah baiknya judul skripsi anda mengenai web contoh judul yang bagus adalah Human Resource Information System Online, ingat anda jangan sekali-kali memilih judul yang bukan anda kuasai materinya.

  • Sesuaikan judul dengan basic interest/kesukaan
  • Sesuaikan dengan kemampuan
  • Simulasikan hasil judul sementara dengan kebutuhan masyarakat
  • Cari referensi yang mendukung
  • Sharing dosen, teman, kolega dan lainnya
  • Do It

2. Buatlah alur sistem (Flowchart) yang baik

Anda tahu apa itu flowchart ? ya flowchart itu adalah bisnis proses dalam dunia aplikasi, di dalam bisnis proses ini anda akan tahu awal jalannya sistem, kondisi sistem, proses sistem, dan output/keluaran sistem yang dihasilkan. Nah bila anda ingin cepat membuat skripsi sistem informasi maka alangkah baiknya anda menguasai konsep Flowchart terlebih dahulu buat alur bisnis sistem untuk skripsi anda dengan baik.

Bila seorang analis dan programmer akan membuat flowchart, ada beberapa petunjuk yang harus diperhatikan, seperti:

  1. Flowchart digambarkan dari halaman atas ke bawah dan dari kiri kekanan.
  2. Aktivitas yang digambarkan harus didefinisikan secara hati-hati dan definisi ini harus dapat dimengerti oleh pembacanya.
  3. Kapan aktivitas dimulai dan berakhir harus ditentukan secara jelas.
  4. Setiap langkah dari aktivitas harus diuraikan dengan menggunakan deskripsi kata kerja
  5. Setiap langkah dari aktivitas harus berada pada urutan yang benar.
  6. Lingkup dan range dari aktifitas yang sedang digambarkan harusditelusuri dengan hati-hati.
  7. Percabangan-percabangan yang memotong aktivitas yang sedang digambarkan tidak perlu digambarkan pada flowchart yang sama. Simbol konektor harus digunakan dan percabangannya diletakan pada halaman yang terpisah atau hilangkan seluruhnya bila percabangannya tidak berkaitan dengan sistem.
  8. Gunakan simbol-simbol flowchart yang standar.

dan yang penting lagi harus mengetahui simbol-simbol flowchart dan apa kegunaannya.

2

3. Buatlah rancangan database dan program yang baik

Sebelum anda membuat sebuah sistem informasi yang baik, maka alangkah baiknya anda membuat suatu rancangan aplikasi yang ingin anda buat. Rancangan itu sama seperti Design. Anda tidak diharuskan menguasai bahasa pemrograman ketika melakukan rancangan database dan program, yang diperlukan adalah penalaran dan data yang anda dapat dari judul dan flowchart yang anda buat.

etunas_rancangan_DFDpng

4. Implementasi hasil rancangan database dan program yang telah dibuat

Implementasi adalah suatu proses pembuatan sistem informasi yang lebih kompleks yang mana setiap orang wajib menyertakan bahasa programan yang ingin digunakan serta databasenya. semisalnya anda mau membuat Human Resource Information System Online, maka program yang anda gunakan adalah PHP / ASP.Net dengan database MySql / SqlServer.

web-design-programming

sumber : caraku-caramu.com

http://www.caraku-caramu.com/2016/01/jasa-skripsi-sistem-informasi-komputer.html

2 pemikiran pada “Cara Membuat Skripsi Jurusan Sistem Informasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s