LPPM USM-Indonesia Gelar Pelatihan Aplikasi Jurnal Elektronik

Situs jurnal elektronik Sari Mutiara Indonesia : http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/

e1-900x506

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) USM-Indonesia gelar pelatihan aplikasi jurnal elektronik kepada para dosen di lingkungan USM-Indonesia (23 April 2016). Dr Lukman dan Suwito didaulat sebagai nara sumber pada acara tersebut. Pelatihan sehari ini digelar dalam rangka meningkatkan partisipasi dan kualitas para dosen dalam memublikasikan karya ilmiah melalui jurnal elektronik.

Suwito yang adalah Kasubdit Fasilitas Jurnal Ilmiah Kemenristek Dikti dalam paparannya menyampaikan pentingnya pemahaman dan pengelolaan jurnal elektronik dengan baik. Selain itu, beliau juga menekankan untuk mengelola jurnal yang sudah terakreditasi. Adapun persyaratan kaderaditasi diantranya adalah; satu,  mencantumkan persyaratan etika publikasi (publication ethics statement) dalam laman website jurnal. Kedua, terbitan berkala ilmiah harus bersifat ilmiah, artinya memuat artikel yang secara nyata mengandung data dan informasi yang memajukan pengetahuan, ilmu, dan teknologi serta seni. Kemudian, tiga, terbitan berkala ilmiah telah terbit paling sedikit dua tahun berurutan, terhitung mundur mulai tanggal atau bulan pengajuan akreditasi. Selanjutnya, keempat, frekuensi penerbitan berkala ilmiah paling sedikit dua kali dalam satu tahun secara teratur. Syarat kelima, jumlah artikel setiap terbit sekurang-kurangnya lima artikel, kecuali jika berbentuk monograf. Syarat keenam dan terakhir adalah tercantum dalam salah satu lembaga pengindeks nasional (Indonesian Scientific Journal Database (ISJD), Portal Garuda,  Pustaka Iptek  dan/atau  yang setara).

asdada

Sementara itu, Dr. Lukman, peneliti dari LIPI, dalam paparannya menyampaikan secara gamblang dan detil tentang teknis pengelolaan jurnal elektronik. Selain itu, belia juga memberikan pemaparan tentang pemanfaatan basis data sitasi dan bibliografi scopus bagi perguruan tinggi dan sivitas akademika. dalam paparannya, belaiu mengakaji topik-topik seperti, peringkat lembaga/perguruan tinggi, profil dan kinerja penelitian lembaga perguruan tinggi di internasional, profil penulis dan tren perkembangan bidang ilmu.

Sesuai dengan nilai-nilai inti USM-Indonesia yakni Profesionalisme, kegiatan ini tentu memberikan umpan balik bagi para dosen untuk lebih giat menulis dan memberi kontribusi pada berkembangnya jurnal elektronik yang bisa dikelola oleh USM-Indonesia. Kegiatan ini juga tentu sejalan dengan visi Universitas yakni menjadi universitas unggul dan berkompeten salah satunya dalam penguasaan tehnologi modern.

SUMBER : sari-mutiara.ac.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s