MAKALAH MEDIA PEMBELAJARAN KUIS BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8.0

MAKALAH

MEDIA PEMBELAJARAN KUIS BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8.0

OLEH :

  1. Lius Luaha (130818023)
  2. Karuniaman Bu’ulolo             (130818027)
  3. Amel Grace Purba (130818014)
  4. Quratu Ayuni purba (130818009)
  5. Fitria Anggraini             (130818005)

 

PRODI SISTEM INFORMASI

FAKULTAS SAINS, TEKNOLOGI DAN INFORMASI

UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA

MEDAN 2016


KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat, karuniaNya kami dapat menyelesaikan makalah Media Pembelajaran Kuis Berbasis Macromedia Flash 8.0 ini sebatas pengetahuan dan kemampuan yang kami miliki.

Kami sangat berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka media pembelajaran kuis dalam bentuk sebuah aplikasi berbasis macromedia flash 8.0. Kami juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam tugas ini terdapat kekurangan-kekurangan dan jauh dari apa yang kami harapkan. Untuk itu, kami berharap adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan di masa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa sarana yang membangun.

Semoga makalah sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sekiranya laporan yang telah disusun ini dapat berguna bagi kami sendiri maupun orang yang membacanya. Sebelumnya kami mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dan kami memohon kritik dan saran yang membangun demi perbaikan di masa depan.

 

 

 

 

 

 

Medan, 13 Februari 2015

Penulis

 

 

 

(Kelompok 1)

 

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR …………………………………………………………………….        i

DAFTAR ISI …………………………………………………………………………………..        ii

BAB I PENDAHULUAN

  • Latar Belakang …………………………………………………………………….. 1
  • Rumusan Masalah ………………………………………………………………… 2
  • Batasan Masalah ………………………………………………………………….. 2
  • Tujuan Penulisan ………………………………………………………………….. 2
  • Manfaat Penulisan ………………………………………………………………… 3

BAB II PEMBAHASAN

2.1  Pengertian Pembelajaran ………………………………………………………..        4

2.2  Jenis-Jenis Media pembelajaran ……………………………………………….        4

2.3  Pengertian Macromedia flash 8.0 …………………………………………….        5

2.4  Materi Pembelajaran kuis ……………………………………………………….        7

2.5  Kelayakan aplikasi berbasis macromedia flash 8.0 ……………………..        7

2.6  Fungsi Aplikasi Kuis Berbasis macromedia flash 8.0 dengan media pembelajaran                         7

BAB III HASIL DARI PEMBAHASAN

3.1  Interface menu UTAMA…………………………………………………………        8

3.2  Interface menu MAIN……………………………………………………………        9

3.3  Interface menu TENTANG ……………………………………………………        10

3.4  Interface menu PETUNJUK …………………………………………………..        11

3.5  Tampilan jika berhasil ataupun tidak berhasil …………………………….        12

BAB IV PENUTUP

4.1  Kesimpulan …………………………………………………………………………..        13

4.2  Saran ……………………………………………………………………………………        13

DAFTAR PUSTAKA


BAB 1

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Adobe Flash digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar tersebut. Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file extension .swf dan dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasangi Adobe Flash Player. Flash menggunakan bahasa pemrograman bernama ActionScript yang muncul pertama kalinya pada Flash 5.

Sebelum tahun 2005, Flash dirilis oleh Macromedia. Flash 1.0 diluncurkan pada tahun 1996 setelah Macromedia membeli program animasi vektor bernama FutureS plash. Versi terakhir yang diluncurkan di pasaran dengan menggunakan nama ‘Macromedia’ adalah Macromedia Flash 8. Pada tanggal 3 Desember 2005 Adobe Systems mengakuisisi Macromedia dan seluruh produknya, sehingga nama Macromedia Flash berubah menjadi Adobe Flash.

Media pembelajaran yang ada sekarang tersedia dalam beberapa bentuk diantaranya dalam bentuk buku dan e-learning. Buku memiliki keterbatasan hanya dapat menampilkan informasi berupa teks dan gambar, mudah rusak terkena air atau robek, serta menyulitkan untuk dibawa kemana-mana karena membutuhkan ruang penyimpanan yang besar. Dengan adanya aplikasi ini kita tidak perlu menggunakan buku, cukup dipasang di laptop maupun di komputer anda. Kelebihannya lagi dengan macromediaflash ini, bisa kita export lagi ke dalam bentuk website, sehingga dimanapun kita berada kita bisa mengaksesnya, cukup terkoneksi dengan internet.

Movie-movie Flash memiliki ukuran file yang kecil dan dapat ditampilkan dengan ukuran layar yang dapat disesuaikan dengan keingginan. Aplikasi Flash merupakan sebuah standar aplikasi industri perancangan animasi web dengan peningkatan pengaturan dan perluasan kemampuan integrasi yang lebih baik. Banyak fiture-fiture baru dalam Flash yang dapat meningkatkan kreativitas dalam pembuatan isi media yang kaya dengan memanfaatkan kemampuan aplikasi tersebut secara maksimal. Fiture-fiture baru ini membantu kita lebih memusatkan perhatian pada desain yang dibuat secara cepat, bukannya memusatkan pada cara kerja dan penggunaan aplikasi tersebut. Flash juga dapat digunakan untuk mengembangkan secara cepat aplikasi-aplikasi web yang kaya dengan pembuatan script tingkat lanjut. Di dalam aplikasinya juga tersedia sebuah alat untuk men-debug script. Dengan menggunakan Code hint untuk mempermudah dan mempercepat pembuatan dan pengembangan isi ActionScript secara otomatis.

1.2 Rumusan Masalah

  1. Pengertian Pembelajaran
  2. Jenis-jenis Media pembelajaran
  3. Pengertian Macromedia Flash 8.0
  4. Materi Pembelajaran Kuis
  5. Analisis Kelayakan Aplikasi
  6. Fungsi Aplikasi Kuis Berbasis macromedia flash 8.0 dengan media pembelajaran.

1.3 Batasan Masalah

  1. Bahasa pemograman yang di pake adalah bahasa pemograman macromedia flash 8.0
  2. Aplikasi Ini tidak ada menggunakan jaringan internet
  3. Proses memulai game, boleh dimainkan siapa saja dan berapa kali saja di ulang-ulang tanpa ada login

1.4 Tujuan Penulisan

  1. Untuk melengkapi tugas Praktek Teknik Multimedia.
  2. Untuk mengetahui apa media pembelajaran
  3. Untuk mengetahui apa itu macromedia flash 8.0
  4. Dan bisa memahami apa yang menjadi fungsi aplikasi kuis tersebut

1.5 Manfaat Penulisan

  1. Siapa saja bisa menggunakan aplikasi ini tanpa terhubung internet (offline) untuk mempermudah mendapatkan informasi tentang komputer.
  2. Dapat menghasilkan suatu aplikasi, sehingga dalam proses pembelajaran bisa mempermudah dalam mengerjakan sebuah kuis.

 

BAB II

PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Pembelajaran

Pembelajaran merupakan suatu rangkaian peristiwa yang kompleks dan sistematis. Dalam peristiwa tersebut terjadi interaksi guru dan siswa  dalam rangka perubahan sikap dan pola pikir yang menjadi kebiasaan  bagi siswa yang bersangkutan. Guru berperan sebagai pengajar dan siswa sebagai pelajar. Belajar dan mengajar adalah dua kegiatan yang terjadi bersamaan, tetapi memiliki makna yang berbeda, sebagaimana yang diungkapkan Suherman (2003) bahwa “Peristiwa mengajar selalu disertai  dengan  peristiwa belajar, ada guru yang mengajar maka ada pula siswa yang belajar. Namun, ada siswa yang belajar belum tentu ada guru yang mengajar, sebab belajar bisa dilakukan sendiri”.

2.2 Jenis-Jenis Media pembelajaran

  1. Media Audio

Media Audio adalah media yang isi pesannya hanya diterima melalui indera  pendengaran. Dilihat dari sifat pesan yang diterima, media audio dapat menyampaikan pesan verbal (bahasa lisan atau kata-kata) maupun non verbal (bunyi-bunyian dan vokalisasi).   

  1. Media Visual

Media visual adalah media yang hanya mengandalkan indra penglihatan. Media visual menampilan materialnya dengan menggunakan alat proyeksi atau proyektor, karena melalui media ini perangkat lunak (software) yang melengkapi alat proyeksi ini akan dihasilkan suatu bias cahaya atau gambar yang sesuai dengan materi yang diinginkan.  

  1. Media Audio-Visual

Media audio-visual disebaut juga sebagai media video. Video merupakan  media yang digunakan untuk menyampaikan pesan pembelajaran. Dalam media video terdapat dua unsur yang saling bersatu yaitu audio dan visual. Adanya unsur audio memungkinkan siswa untuk dapat menerima pesan pembelajaran melalui pendengaran, sedangkan unsur visual memungkinkan penciptakan pesan belajar melalui bentuk visualisasi.

  1. Multimedia media yang dapat menyajikan unsur media secara lengkap, seperti : animasi. Multimedia sering diidentikan dengan komputer, internet dan pembelajaran berbasis komputer.  
  2. Media Realita

yaitu media nyata yang ada di dilingkungan alam, baik digunakan dalam  keadaan hidup maupun sudah diawetkan, seperti : binatang, spesimen, herbarium dll.

2.3 Pengertian Macromedia flash 8.0

Macromedia Flash adalah salah satu perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan Adobe Systems Version 8.0

Mengenal Macromedia Adobe Flash

Flash merupakan suatu program grafis  multimedia dan animasi yang dibuat oleh perusahan Macromedia untuk keperluan pembuatan aplikasi web interaktif mau pun animasi yang berkembang pada saat ini. Program ini banyak digunakan untuk membuat game, kartun, presentasi dan model pembelajaran interaktif. Terdapat beberapa versi dari macromedia flash yang berkembang saat ini meskipun saat ini tidak lagi milik macromedia melainkan Adobe Flash. Namun pada diktat ini akan dipelajari mengenai animasi yang dibuat oleh Macromedia Flash 8.

  • Area Kerja Flash 8

Area kerja flash terdiri atas lima komponen, yaitu Menu, Toolbox, Timeline, Stage dan Panel.

  1. Menu berisi control untuk berbagai fungsi seperti membuat, membuka,dan menyimpan file, copy, paste, dan lain-lain.
  2. Stage adalah area persegi empat yang merupakan tempat dimana kita membuat objek atau animasi yang akan dimainkan.
  3. Toolbox berisi koleksi untuk membuat atau menggambar, memilih dan memanipulasi isi stage dan timeline. Toolbox dibagi menjadi empat, yaitu Tools, View, Colors dan Options. Beberapa tool mempunyai bagian option. Contohnya, ketika Selection tool dipilih, Option snap, smouth, straigten, rotate dan scale akan muncul di bagian options.
  4. Timeline adalah tempat kita dapat membuat dan mengontrol objek dan animasi.
  5. Panels berisi control fungsi yang dipakai dalam flash, yaitu untuk mengganti dan memodifikasi berbagai property objek atau animasi secara cepat dan mudah.
  6. Properties merupakan window yang digunakan untuk mengatur property dari objek yang kita buat.

Components digunakan untuk menambahkan objek untuk web application yang nantinya di publish ke internet.

 

 

2.4 Materi Pembelajaran kuis.

Materi yang ada dalam aplikasi ini adalah materi tentang komputer, dimana disitu ada materi komputer  tentang  WEB, Hardware, Software, dan jaringan. Semua soal yang ada di dalam dicampur  dengan semua materi tersebut.

Didalam aplikasi tersebut ada 100 Soal, dan dalam 100 Soal tersebut terdapat 3 Level, yaitu : LEVEL 1, LEVEL 2, & LEVEL 3.

2.5 Kelayakan aplikasi berbasis macromedia flash 8.0

Dari segi kelayakan teknologi, aplikasi ini dapat dikatakan layak karena Software yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi ini mudah dicari dan didapatkan dibeberapa file sharing seperti 4shared, dll dan untuk menjalankan aplikasi ini menggunakan laptop/komputer yang tidak memerlukan spesifikasi yang tinggi.

2.6 Fungsi Aplikasi Kuis Berbasis macromedia flash 8.0 dengan media pembelajaran.

Dengan adanya aplikasi ini, sangatlah membantu dalam media pembelajaran. Sehingga bisa melaksanakan kuis dengan menggunakan komputer. Bahkan adanya aplikasi ini bisa mengurangi setia kecurangan jika mengerjakan kuis, karna sudah menggunakan komputer. Misalnya pada aplikasi ini memakai TIMER pada setia 1 soal, kemudian jika ada yang salah tidak boleh di ubah lagi.

 

BAB  III

HASIL DARI PEMBAHASAN

3.1 Interface menu utama

Menu utama berisi fitur-fitur aplikasi, Ada Kalimat “SELAMAT DATANG DI APLIKASI GAME KUIS” (untuk mengucapkan selamat datang kepada para peserta kuis) dan masih terdapat beberapa fitur-fitur lain pada aplikasi ini yaitu : MAIN, TENTANG, DAN PETUNJUK.

      Utama

 

Tabel Hasil Test Program

MAIN MENU INPUT OUTPUT
MENU UTAMA List dipilih = MAIN Memulai kuis
List dipilih = TENTANG Tampilan Tentang aplikasi
List dipilih = PETUNJUK Tampilan Tentang Petunjuk
KUIS NO.1 List dipilih = Home Kembali ke Menu Utama
HASIL List dipilih = MAIN LAGI Mengulang kuis
List dipilih = MAIN MENU Kembali Ke Menu Utama

 

3.2 Interface menu MAIN

Inilah tampilan jika kita sudah memulai kuis. Ada nomor soal, jumlah score, menu home dan ada TIMER dimana sudah ada waktu yang di tentukan. Jumlah score berfungsi menampilkan score yang sudah kita dapat, jika salah maka score tetap. Menu home untuk membatalkan kuis, dan kembali ke menu utama. Nah di pojok bawah kiri ada tulisan level 1, maka dari situlah kita mengetahui level berapa yang kita sedang kerjakan

Quis

3.3 Interface menu TENTANG

Pada menu ini terdapat penjelasan tentang aplikasi ini, dan pembuat dari aplikasi ini. Tekan tombol back jika ingin kemenu utama

 Tentang

 

3.4 Interface menu PETUNJUK

Pada tampilan ini memberikan informasi tentang cara bermain kuis dalam aplikasi ini. Untuk menjawab setiap soal anda tinggal klik tombol A,B,C, & D. Cek sound untuk cek suara benar, salah dan waktu habis.

Keterangan dalam level

  • Level 1 ada 30 soal, dan jika score dibawah 150 maka anda gagal dalam level 1 tetapi jika score anda 150 keatas maka anda dapat berhak melanjutkan level 2. Dengan waktu 300S/soal
  • Level 2 ada 33 soal, dan jika score lebih kecil dari 400 maka anda gagal tetapi jika score anda 400 diatas maka anda dapat melanjutkan ke level 3. Dengan waktu 260S/soal
  • Level 3 ada 37 soal, dan jika score lebih kecil dari 750 maka anda gagal tetapi jika score anda 750 diatas maka anda dinyatakan lulus. Dengan waktu 240S/soalPetunjuk

3.5 Tampilan jika berhasil ataupun tidak berhasil

*Tampilan jika berhasil

Inilah tampilan jika kita berhasil melampaui pada level 1, kita berhak untuk melanjutkan ke level selanjutnya.

 Jika Berhasil

*Tampilan jika gagal

Inilah tampilan jika kita gagal melampaui pada level 1, kita tidak berhak untuk melanjutkan ke level selanjutnya, maka cuman sampai disitulah kita bisa mengerjakan kuis. Jika mau ngulangi silahkan klik MAIN LAGI.

Jika tidak berhasil

BAB IV

PENUTUP

4.1  Kesimpulan

Setelah melalui beberapa tahapan dalam menyelesaikan Aplikasi Media Pembelajaran Kuis berbasis macromedia flash 8.0 dapat disimpulkan bahwa :

  1. Aplikasi Pembelajaran Kuis berbasis macromedia flash 8.0 berhasil dibuat.
  2. Aplikasi Pembelajaran Kuis berbasis macromedia flash 8. dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran komputer yang menyajikan informasi materi tentang WEB, Hardware, Software, dan jaringan dengan menggunakan komputer maupun laptop

4.2  Saran

Pada penulisan makalah ini tentu masih terdapat kekurangan yang dapat disempurnakan lagi pada penelitian berikutnya. Agar aplikasi ini dapat menjadi lebih sempurna, terdapat beberapa saran yang dapat dipergunakan diantaranya :

  1. Interface yang dibuat pada aplikasi ini masih sederhana berbasis teks, gambar, dan audio bisa ditambahkan elemen animasi supaya setiap soal dapat lebih jelas lewat dengan animasi yang dibuat.
  2. Aplikasi di tambahkan dengan fitur gambar 3 dimensi.
  3. Materi yang disediakan masih materi komputer, sehingga perlu media penyimpanan untuk memuat informasi yang lebih banyak lagi .
  4. Aplikasi yang dikembangkan lebih lanjut diharapkan bisa di akses lewat internet dan setiap hasil yang didapat bisa dikirim secara otomatis di E-Mail Masing-masing (*dalam mengerjakan kuis harus terhubung dengan jaringan internet).
  5. Dan yang lebih baik lagi jika bisa diakses dengan menggunakan android, sehingga gampang dibawa kemana-mana.

DAFTAR PUSTAKA

Al Fatta, Hanif.2007.Analisis & Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta  : Andi Offset

Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran.  Jakarta :  Raja Grafindo Persada.

Macromedia Flash.http://Didit karyadi.blogspot.com/2011/12/penfgenalan macromedia flash8

http://educationdownload.Sejarah macromedia flash 8.0

http://nessyoctavia.wordpress.com/2009/03/10/ macromediaflash.Macromedia Flash 8”. Jakarta : Andi Publisher

 

download file powerpointnya disini MEDIA PEMBELAJARAN KUIS BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s